Kamis, 10 Juni 2010

misteri spiral mars terungkap

NASA

NEW YORK--MI: Misteri keberadaan ukiran spiral mirip kinciran di kutub utara Planet Mars telah berhasil diungkap para penliti. Pergantian pola yang muncul dari proses panjang pembentukannya ternyata akibat erosi yang memberi penampilan yang seakan terus bergerak berputar dari waktu ke waktu.

Ukiran spiral yang selama ini dinamakan North Polar Layered Deposits (NPLD) tersebut telah menimbulkan banyak persepsi di kalangan ilmuwan sebelumnya. Mereka lebih menyukai gagasan adanya kekuatan alam baru-baru ini yang membentuk pola ukiran tersebut. Namun mereka tidak dapat benar-benar menguji teori mereka tersebut kareha hanya melihatnya dari luar planet Mars.

"Sebuah radar bagaikan membuka buku. Sekarang kami dapat membaca satu demi satu halamannya saat ini. Orang-orang hanya melihat luarnya dan mengira mereka sudah mengerti apa yang ingin disampaikan buku tersebut. Padahal tidak," ungkap seorang ilmuwan peneliti planet asal Universitas Texas, Isaac Smith.

Teknologi radar membantu para peneliti untuk memecahkan sebagian dari teka-teki tersebut. Radar memungkinkan para ilmuwan untuk mengambil gambar dua dimensi penampang dari palung dan mengungkapkan lapisan dalam dinding-dinding planet Mars.

Radar juga membantu melacak tanda-tanda yang mengikuti geometri struktur bawah tanah untuk membangun gambaran tiga dimensi lapisan planet Mars. Melalui teknologi tersebut, ilmuwan mendapat pemahaman baru dari proses waktu yang memungkinkan angin dan matahari untuk membentuk permukaan Mars selama jangka waktu tertentu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar